Penyidik Malaysia dan Singapura Bertemu Bahas Skandal 1MDB

Lapakpolitik.com- Para penyidik Malaysia yang menyelidiki skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB) bertemu dengan para penyidik 1MDB dari Singapura. Pertemuan ini digelar di Kuala Lumpur setelah Malaysia meminta bantuan Singapura terkait penyelidikan 1MDB.

Dilaporkan Bloomberg News seperti dilansir Malay Mail, Kamis (31/5/2018), menurut sejumlah pihak yang memahami pertemuan ini, para penyidik Malaysia dan Singapura itu bertemu pada Kamis (31/5) ini di Kuala Lumpur. Otoritas Singapura telah menyita sejumlah aset bernilai ratusan dolar Amerika dan memenjarakan sejumlah bankir terkait skandal 1MDB di wilayahnya.

poker8m.org

“Mitra Malaysia kami telah meminta bantuan kami dalam kaitannya dengan penyelidikan terkait 1MDB,” sebut juru bicara Kepolisian Singapura yang personelnya bertemu dengan penyidik Malaysia. “Kami sepakat untuk menggelar pertemuan di Kuala Lumpur,” imbuhnya.
Satgas 1MDB Malaysia belum bisa dimintai komentar terkait pertemuan dengan penyidik Singapura. Sedangkan Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) menolak berkomentar.

Diketahui bahwa usai dilantik menjadi PM Malaysia, Mahathir menyatakan salah satu prioritasnya adalah membongkar praktik penggelapan dan pencucian uang di tubuh 1MDB. Mantan PM Najib Razak membentuk 1MDB pada tahun 2009 untuk menarik investasi asing.

Karena aliran dana yang diselewengkan dari 1MDB banyak mengalir ke luar negeri dalam berbagai praktik pencucian uang, maka sejumlah negara juga menyelidiki 1MDB. Selain Singapura, para penyidik di Amerika Serikat dan Eropa juga masih melakukan penyelidikan. Negara-negara itu mengeluhkan kurangnya kerja sama dari otoritas Malaysia di bawah pemerintahan Najib.
Sikap kooperatif Malaysia akan sangat membantu para penyidik asing di berbagai negara yang juga sedang menyelidiki 1MDB dan berupaya mengejar aliran dana 1MDB yang diselewengkan. Dugaan menyebut bahwa sejumlah besar dana 1MDB digelapkan dan dilibatkan dalam pencucian uang melalui sejumlah lembaga keuangan di AS, Eropa dan Asia. Pemerintahan Najib dan 1MDB sebelumnya bersikeras dana 1MDB bisa terlacak.

Pekan lalu, anggota Satgas 1MDB Malaysia bertemu dengan pejabat Biro Investigasi Federal (FBI) dan Departemen Kehakiman AS untuk membahas fokus dan arah penyelidikan. Jaksa Swiss juga mengungkapkan niat untuk mulai berkomunikasi dengan Malaysia sesegera mungkin terkait 1MDB.

Para jaksa Singapura menyebut skandal 1MDB sebagai kasus pencucian uang terbesar dan paling rumit. Mereka menyebut sistem perbankan dan keuangan dimanfaatkan untuk ‘mengalirkan’ dana miliaran dolar AS yang diselewengkan dari 1MDB. Dalam beberapa tahun terakhir, otoritas Singapura memerintahkan dua bank swasta asal Swiss untuk tutup, kemudian menjatuhkan denda pada sejumlah bank besar, menyita aset dan mem-blacklist delapan orang dari sektor keuangan yang terlibat transaksi terkait 1MDB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *