Negara Mana Paling Banyak Raih Emas Pada Ajang Asian game ?

Lapakpolitik.com – Pesta olahraga terbesar se-Asia, Asian Games, akan segera berlangsung kurang lebih satu bulan lagi, tepatnya pada 18 Agustus 2018. Indonesia, untuk kali kedua setelah 1962, dipercaya kembali menjadi tuan rumah dalam ajang bergengsi ini.

Ayo gabung bersama kami, Agen Bola Terpercaya hanya di Interbolaplay.com

2018 jadi periode ke-18 ajang Asian Games diselenggarakan, sejak pertama dihelat pada 1951 di New Delhi, India. Sejarah panjang pun mengiringi perjalanan Asian Games yang biasa digelar empat tahun sekali ini. Salah satunya adalah mencuatnya nama Tiongkok sebagai negara yang paling sering mendominasi perolehan medali Asian Games sejak edisi perdana hingga yang akan digelar Agustus nanti.

 

BACA JUGA : Dihukum “Squat Jump” Siswi SMA Cedera dan Berpotensi Lumpuh

 

Yap, Negeri Tirai Bambu ini tercatat sebagai negara dengan gelar juara umum Asian Games terbanyak, yaitu 9 kali. Mereka juga telah mengoleksi total 2899 medali sepanjang keikutsertaan di ajang Asian Games, mengungguli Jepang yang berada di peringkat kedua dengan torehan 2852 medali. Tiongkok juga jadi yang terbanyak meraih medali emas dalam sejarah Asian Games, dengan total 1342 medali.

 

 

Tak hanya dominan dari segi perolehan medali, Tiongkok juga memunculkan nama atlet cabang menembak, Wang Yifu, sebagai atlet dengan raihan medali terbanyak sepanjang sejarah Asian Games. Atlet berusia 57 tahun ini pertama kali berlaga pada Asian Games edisi 1982 dan menjalani periode gemilangnya pada edisi 1994 di mana dirinya mampu menyabet 5 medali emas dan 1 medali perak. Partisipasi terakhir Wang Yifu adalah pada Asian Games 2002 di Korea Selatan, di mana ia berhasil merebut 3 medali emas.

Lalu di mana Indonesia? Torehan total 357 medali hanya membuat Indonesia bercokol di urutan 12 dalam daftar negara peraih medali terbanyak Asian Games. Sesungguhnya masih cukup baik, karena hanya ada dua negara Asia Tenggara yang unggul atas Indonesia, yaitu Thailand di posisi ketujuh dan Filipina di urutan kesepuluh.

Dengan diselenggarakannya Asian Games ke-18 di Tanah Air, tentu seluruh masyarakat Indonesia berharap banyak akan adanya peningkatan prestasi yang diraih para atlet yang membela panji merah putih. Meski mungkin masih sulit untuk menggoyahkan kedigdayaan Tiongkok, namun langkah Indonesia meniti prestasi dan mencatat sejarah sudah harus mulai dirintis sejak hari pembukaan Asian Games pada 18 Agustus 2018 nanti.

Ayo gabung bersama kami, Agen Bola Terpercaya hanya di Interbolaplay.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *