Bupati Kebumen Diduga Pakai Duit TPPU untuk Beli Rubicon

JAKARTA – PT Putra Ramadhan (Tradha) milik Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad menjadi penalang dana dari kontraktor. KPK mengungkap uang tersebut juga diperuntukkan buat membeli mobil mewah Yahya.

“Sejumlah uang dari fee proyek yang dimasukkan ke PT Tradha diduga juga digunakan untuk membayar cicilan mobil Rubicon dan Alphard, serta pembelian tanah,” ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Sabtu (19/5/2018).

INTERBOLA.ORG

KPK juga sebelumnya menyebut uang yang diperoleh dari proyek tersebut, baik berupa uang operasional, keuntungan dalam operasional, maupun pengembangan bisnis PT Tradha, kemudian bercampur dengan sumber lainnya dalam pencatatan keuangan PT Tradha sehingga memberikan manfaat bagi PT Tradha sebagai keuntungan maupun manfaat lainnya untuk membiayai pengeluaran atau kepentingan pribadi Yahya Fuad.

PT Tradha ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU). Penetapan itu merupakan pengembangan penyidikan atas Bupati Kebumen nonaktif Mohammad Yahya Fuad.

Bupati periode 2016-2021 itu, selaku pengendali Tradha, turut serta dalam pengadaan proyek di Pemkab Kebumen dengan meminjam ‘bendera’ 5 perusahaan lain untuk menyamarkan identitas. Tujuannya memenangi 8 proyek di Kabupaten Kebumen senilai Rp 51 miliar.

PT Tradha juga disebut menampung uang dari para kontraktor senilai Rp 3 miliar yang disamarkan sebagai utang. Uang-uang itu merupakan commitment fee atas proyek-proyek di Pemkab Kebumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *